Friday, March 14, 2014

Cerita Mistis Di Candi Prambanan

Teman teman, apakah anda tahu candi prambanan, Candi tersebut adalah warisan sejarah indonesia yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta yang diakui keindahannya oleh dunia. Sejarah pembuatannya ada berbagai versi dan tak lepas dari cerita rakyat setempat yaitu Roro Jonggrang.
Candi Prambanan adalah kompleks candi hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi yang terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, dan Kecamatan Prambanan, Klaten ini, dibangun untuk menghormati 3 dewa hindu Trimurti. Namun, yang paling diutamakan adalah dewa Siwa (dewa pemusnah). Berdasarkan prasasti Siwagrha, nama asli kompleks candi ini Siwagrha.
Candi ini adalah termasuk situs candi warisan dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Dan juga candi ini adalah salah satu candi termegah di asia tenggara, dan termasuk salah satu daya tarik Indonesia terhadap wisatawan asing.

No comments:

Post a Comment